Sabtu, 16 Maret 2013

HUTAN SABANA

HUTAN SABANA adalah padang berumput yang dipenuhi oleh semak perdu dan beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia. sistem biotik ini biasanya terbentuk diantara daerah tropis dan subtropis. beberapa benua yang memiliki padang sabana di antaranya adalah Afrika, Amerika bagian Selatan, dan Australia. kurangnnya curah hujan menjadi pemicu munculnya sabana, sehingga ia dikenal dengan sebutan padang rumput tropis. iklimnya juga tidak terlalu kering untuk menjadi gurun pasir, tetapi tidak cukup basah untuk menjadi hutan.

 Suhu udara di daerah Sabana tetap sama sepanjang tahun, yaitu hangat, tapi Hutan sabana mempunyai dua musim sangat berbeda, musim kering dan musim basah (musim panas).
pada musim kering, hanya ada kira-kira empat inci curah hujan. diantaran bulan Desember dan Februari bahkan tidak ada hujan sama sekali. namun anehnnya, di musim kering tersebut cuacanya terasa lebih dingin.
pada musim basah (musim panas), sabana mendapat banyak air hujan. di Afrika, musim hujan dimulai pada bulan Mei dan curah hujan  tertinggi mencapai 15 hingga 25 inci sepanjang waktu

Faktor yang mempengaruhi Persebaran Hutan sabana :

1. Iklim

2. Keadaan Tanah

3. Tinggi rendahnya Permukaan Bumi


1 komentar: